Obat Gusi Bengkak Pada Anak 2 Sampai 5 Tahun

Obat gusi bengkak pada anak - Pernahkah mengalami bengkak gusi? apa sih penyebab gusi bengkak? Perlu diketahui gusi adalah proses radang. Radang tersebut ditandai cirinya bengkak, memerah, dan juga nyeri. Proses gusi bengkak diakibatkan infeksi bakteri didalam mulut.





obat gusi bengkak pada anak kecil 2 5 tahun karena gigi berlubang mengatasi untuk ibu hamil dokter nama


Biasanya penyakit ini menyerang anak balita dengan kebersihan mulut kurang dipelihara. Menggosok atau Sikat gigi tepat dan juga teratur sesudah makan sangatlah penting sebagai tindakan pencegahan gusi  yang bengkak.

Pembengkakan gusi disebabkan pula adanya bakteri di plak yang menginfeksi pada jaringan gigi, sehingga mengakibatkan infeksi gigi dan juga membuat gusi bengkak, mudah berdarah, kemerahan dan juga sakit. Pembengkakan tersebut dalam medis disebut GINGIVITIS.




Obat Gusi Bengkak Untuk Anak Kecil Umur 2 - 5 Tahun


1. Kumurlah mulut menggunakan campuran air garam yang hangat.
Air hangat dicampur 1 sendok garam terbukti meringankan pembengkakan gusi. Hal tersebut karena kandungan air garam bisa dijadikan antiseptik. Gunakanlah berkumur setidaknya 2 kali sehari ataupun sesuai kebutuhan.

2. Kumur menggunakan air daun sirih
Seperti larutan air garam, daun sirih berkhasiat meringankan pembengkakan pada gusi. Larutkanlah pula daun sirih dalam air hangat. Gunakanlah untuk berkumur

3. Kumur menggunakan air lemon
Peraslah 1 buah lemon dalam larutan air yang hangat. Kumurlah 2-3 kali dalam sehari

4. Pemijatan pada gusi
Cara lain yang membantu meringankan sakit gusi bengkak dengan melakukan pemijatan gusi menggunakan cotton buds dengan gosok secara halus dibagian gusi dengan melingkar. Hal tersebut dapat dilakukan supaya peredaran darah didalam gusi lancar. Selain dengan cotton buds, pemijatan juga bisa dilakukan memakai jari telunjuk. Namun, pastikanlah bahwa jari-jari bersih agar tak ada bakteri kuman lain yang membuat gusi terinfeksi.



Obat gusi bengkak karena gigi berlubang


Dan kebiasaan salah kita dalam mengobati gusi yang membengkak akibat bakteri kuman gigi berlubang ialah memasukkan obat ke gigi berlubang, mengoleskan balsem ataupun menempelkan koyo di sekitar pipi yang terasa sakit. Hal tersebut justru menimbulkan efek lebih sakit pada gusi.

Artikel Sakit Gigi Gusi Lainnya :

Copyright © 2015-2018 Sakit Gigi Gusi