Pertumbuhan Gigi Bayi Tahap Dan Urutan Yang Normal

Cikal bakal tahap pertumbuhan gigi bayi berupa tonjolan yang ada di sepanjang geraham atas dan juga bawah, sudah akan mulai terbentuk di janin pada usia 6 minggu. Kemudian, akan terbentuk susunan jaringan kras pada sekeliling yang menjadi cikal bakal tumbuh gigi tersebut waktu janin berumur 3 sampai 4 bulan secara normal. Cikal bakal gigi tersebut akan tetaplah“bersembunyi” di dalam bagian geraham, hingga bayi lahir dan juga mencapai umur sekitar umur 4 hingga 7 bulan.



Dan gigi pertama ada yang telah mulai menampakkan diri waktu bayi berumur sekitar 3 bulan. Tetapi, pada kebanyakan anak bayi dan balita, gigi yang pertama rata-rata muncul ketika di usia 6 bulan. Gigi tersebut dikenal dengan istilah gigi susu, terakhir tumbuh pada waktu balita berumur antara 2-3 tahun. Di usia ini, umumnya jumlah giginya telah lengkap, yaitu sejumlah 20 buah.
Sesudah melewati masa balita, ataupun sejak anak berumur diantara 6-7 tahun, pada gigi susunya akan tanggal dengan bertahap dan lalu digantikan gigi tetap.

Fase Urutan Pertumbuhan Gigi Bayi Yang Normal


Usia dalam bulan
Nama bagian gigi
Pada Rahang Bawah
6
Gigi seri bagian tengah
7
Gigi seri bagian samping
16
Gigi taring
12
Gigi geraham yang pertama
20
Gigi geraham yang  kedua
Rahang Atas
7,5
Gigi seri bagian tengah
9
Gigi seri bagian samping
18
Gigi taring
14
Gigi geraham yang pertama
24
Gigi geraham yang kedua

Artikel Sakit Gigi Gusi Lainnya :

Copyright © 2015-2018 Sakit Gigi Gusi