Hal Yang Harus Diperhatikan Pada Perawatan Gigi Ibu Hamil

Masa kehamilan adalah masa yang dinantikan oleh para orang tua yang mendambakan momongan. Jika anda berada pada masa kehamilan maka jangan lupa merawat gigi. Selama masa kehamilan, ada beberapa macam hal yang harus diperhatikan pada perawatan gigi ibu hamil :

 Perawatan Gigi dan mulut pada Ibu Hamil


  • Waktu yang tepat buat berkunjung ke dokter gigi. JIka ingin melakukan langkah atau tindakan yang hal itu berkaitan dengan keadaan gigi sebaiknya hal itu dilakukan ketika trimester kedua. Hindarilah melakukan perawatan atau tindakan di trimester pertama & trimester ketiga, terkecuali kalau dalam keadaan yang darurat. Sebabnya, di trimester pertama  ibu hamil tengah berlangsung yang namanya pembentukan dan juga perkembangan pada organ janin yang sangatlah rentan terhadap berbagai gangguan yang berasal dari luar. Sedangkan di trimester ketiga, pada rahim sangatlah rentan terhadap berbagai rangsangan dari luar jadi dikhawatirkan bisa terjadi persalinan secara prematur.
  • Pengaturan waktu buat rontgen gigi. Rontgen pada gigi pada masa kehamilan aman untuk dilakukan dikarenakan tingkat radiasinya lumayan kecil dan juga bagian yang mengalami rontgen pun juga terbatas yakni pada gigi. Namun, jika merasa tak yakin, hindarilah rontgen gigi ketika masih pada masa hamil. Jika kondisi mendesak buat rontgen, bumil hendaknya terlindungi secara baik dengan menggunakan apron.
  • Selektif memilih obat-obatan. Penggunaan berbagai obat-obatan selama masi hamil dikhawatirkan bisa mempengaruhi janin lewat plasenta. Konsultasikanlah terlebih dahulu ke dokter, semua jenis obat yang nantinya akan dikonsumsi. Tentang penggunaan obat bius ketika pencabutan gigi berlangsung, ibu hamil tidaklah perlu khawatir dikarenakan tidaklah akan berpengaruh buat janin.

 Perawatan Gigi Untuk Ibu Hamil


Oleh karena itulah, jika sudah telanjur terserang peradangan gusi, konsultasikanlah dengan ahli atau dokter gigi spesialis periodonsia. Biasanya, dokter segera melakukan tindakan perawatan pada bagian gusi. Dokter pun juga biasanya membersihkan plak serta karang gigi yang telah terbentuk buat mencegah resiko terjadinya perdarahan secara spontan pada saat menggosok gigi. Selanjutnya, buat perawatan ibu hamil, dokter memberikan tambahan obat kumur yang buat pelaksanaannya haruslah dikonsultasikan lebih dahulu.

Artikel Sakit Gigi Gusi Lainnya :

Copyright © 2015-2018 Sakit Gigi Gusi