Cara Merawat Gigi Yang Sudah Terlanjur Rusak

Air yang digunakan makan, minum serta gosok gigi di tempat tinggal anda, mungkin tak baik buat gigi. Gunakanlah alat penyaring air/beli lah air galon yang kualitas baik

Merawat gigi yang terlanjur sudah rusak perawatan dilakukan secara komprehensif buat kondisi gigi, namun juga memerlukan kerja sama yang baik diantara dokter gigi serta pasien guna memperoleh keberhasilan dalam perawatan. Kepercayaan serta komunikasi diantara pasien serta dokter gigi memegang peranan yang penting, sebagai pasien anda berhak mengetahui perawatan yang nanti akan dilakukan serta juga mengenai alternatif perawatan yang lainnya.

Cara Menjaga Gigi Anak Yang Sudah Rusak


Petunjuk dari PEPSODENT:

GIGI KEROPOS, bolong berlubang dan rusak - Tahap-tahap, ciri-ciri gejala dan juga pengobatannya :

1. Jika Lubang tersebut masih kecil, biasanya tak terlihat sebagai lubang tapi berupa bintik hitam di permukaan, biasanya belumlah menyebabkan sakit gigi. Tetapi, ini merupakan awal dari karies "lubang gigi". Apabila segera konsultasi pada dokter gigi, mungkin dapat langsung ditambal.
2. Ketika lubang jadi bertambah besar & dalam serta masih berada di lapisan email, akan mulai timbul rasa nyeri ngilu jika ada rangsangan makanan manis. Bila ke dokter gigi, masih bisa ditambal, terkadang perlu diobati dahulu sekali.
3. Apabila tak dirawat, proses di tahap 2 bisa berlanjut serta lubang jadi semakin besar dan akan mencapai tulang gigi "dentin". Gigi akan mulai sakit bila ada rangsangan dingin, dan pada akhirnya juga akan sakit terhadap rangsangan panas.Jika ke dokter gigi, masihlah bisa ditambal tetapi haruslah diobati terlebih dulu.
4. Nah, akhirnya pulpa "saraf" gigi jadi meradang, serta gigi saki berdenyut cukup hebat & terus menerus., terlebih saat berbaring atau tidur. Jika ke dokter gigi, masihlah bisa ditambal namun syaraf gigi haruslah dimatikan dulu, lantas dirawat, diawetkan & akhirnya baru ditambal.
5. Jika dibiarkan, lama kelamaan gigi mati dan yang "lucunya" gigi menjadi tak merasakan rasa sakit lagi, aneh kan padahal kan penyakitnya jalan terus. Jika kedokter gigi, terkadang masih diobati & dirawat endodontik kemudian diawetkan serta ditambal. Sementara jaringan gigi semakin habis terkikis, dan terlihat gigi warnanya hitam dikarenakan lubang yang telah begitu besar.
6. Kalau dibiarkan , proses ini akan berakhir infeksi gigi serta bisa disertai abses bernanah dengan juga pembengkakan gusi hingga pipi.
7. Umumnya gigi telah mulai goyang, dikarenakan kehilangan jaringan tulang yang merupakan pendukungnya. Nah, perawatan gigi untuk kondisi seperti ini biasanya harus dicabut.
8. Apabila luka pencabutan telah sembuh, dapat dibuatkan gigi tiruan atau palsu.

Satu-satunya mengatasi gigi berlubang yakni dengan cara mengobati, merawat, & akhirnya menambalnya jika itu masih mungkin. Apabila sudah terlambat serta enggak ketulungan lagi yaaa....terpaksa harus dicabut !

Catatan :
a. Terkadang lubang gigi itu tersembunyi letaknya jadi sulit terlihat, padahal kalian sudah mulai merasakan ada yang tidak enak rasanya di gigi.
b. Makin terlambat mengobati gigi yang karies / keropos, maka makin lama juga perawatan, semakin banyak waktu juga, tenaga serta biaya banyak terbuang.
c. Jika gigi yang telah membusuk dibiarkan maka :
Pengaruh gigi bolong terhadap kesehatan tubuh lainnya. terdapat teori disebut dengan Focal Infection, secara singkat bisa dijelaskan berikut; jika gigi berlubang & sudah membusuk dibiarkan saja tanpa perawatan / dicabut, dapat (namun tidaklah selalu) menyebabkan kelainan di bagian lain tubuh, seperti misalnya mata menjadi terganggu, reumatik, kelainan pada jantung, kelainan ginjal dan juga lain sebagainya. Terkadang Gatal-gatal termasuk pula bisa terjadi. Selain itu juga gigi yang telah mati / busuk akan membuat bau mulut menjadi tidak sedap.

Artikel Sakit Gigi Gusi Lainnya :

Copyright © 2015-2018 Sakit Gigi Gusi