Cara Menghilangkan Bau Mulut Akibat Gigi Tiruan

BAGI para pengguna gigi tiruan (palsu) tentunya mengalami masalah dengan bau mulut parah ketika berpuasa. Masalah tersebut bisa diminimalisir dengan cara rajin menyikat gigi serta memakai perekat gigi tiruan.

drg Susi R Puspitadewi SpProst yang merupakan Dokter Spesialis Prostodonsia mengatakan, bau mulut pasti akan dialami semua pemakai gigi tiruan saat berpuasa. Hal ini terjadi dikarenakan berkurangnya air liur yang akhirnya menjadikan mulut kering.

Cara Atasi Bau Mulut pada Gigi Tiruan

“Pola makan ketika berpuasa seperti kita tahu bersama pasti akan berubah, yakni dilarang minum dan makan. Hal ini mengakibatkan produksi air liur jadi berkurang, bibir pun menjadi kering, jadi berdampak pada timbulnya sisa-sisa kuman serta bau mulut,” ucap drg Susi

Ditambahkan lagi oleh drg Susi, gigi palsu atau tiruan yang kotor seringnya menimbulkan berkembangnya bakteri anaerob negatif. Masalah satu ini janganlah sampai terjadi karena berbahaya buat anda.

“Bakteri anaerob janganlah sampai tumbuh di gigi yang tak bersih serta berpori-pori. Dikarenakan plaknya dapat menjadi bau mulut,” imbuhnya lagi.

Sementara itu,  masalah bau mulut bisa diatasi dengan rutin teratur merawat kesehatan area rongga mulut. Nah, intinya janganlah sampai terdapat sisa-sisa makanan menempel disekitar gigi tiruan.

Cara Mengobati Abses Gusi dan Gigi

“Sebenarnya Membersihkan gigi tiruan itu mudah dilakukan. Penggunanya haruslah rajin untuk sikat gigi hingga bersih dan juga pakai obat kumur, serta janganlah lupa konsultasi pada dokter apabila ada keluhan supaya segera diatasi,” ujar drg Susi.

Artikel Sakit Gigi Gusi Lainnya :

Copyright © 2015-2018 Sakit Gigi Gusi