Perawatan Yang Benar Untuk Gusi Bayi Balita

SEBELUM gigi pertama tumbuh, maka gusi bayi haruslah sudah dirawat secara baik. Kebersihan dan kesehatan mulut yang baik akan mampu memfasilitasi pengembangan mulut sehat bayi. Itulah mengapa perawatan yang benar untuk gusi bayi balita sangat diperlukan.

Bakteri yang ada dalam mulut dapat merusak gusi anak bayi, bahkan sebelum giginya muncul. Oleh karena itulah, gusi bayi haruslah secara rutin dibersihkan.

Bagaimanakah cara merawat gusi bayi? Inilah jawabannya

Bersihkanlah gusi bayi teratur dengan air. Gunakanlah selembar kain bersih ataupun kapas yang sudah dibasahi air, lantas gosokkan ke gusi bayi secara lembut.

Mulailah kebiasaan ini sebelum anak bayi mulai tumbuh giginya. Berhati-hatilah pada saat membersihkan gusinya sesudah makan dan juga sebelum tidur.

Pakai sikat gigi. Waktu bayi  mulai tumbuh gigi, gunakanlah sikat gigi lembut dan berkepala kecil untuknya. Tidaklah perlu banyak-banyak dalam menggunakan pasta gigi waktu gigi bayi baru saja tumbuh.

Sikatlah gigi anak dua kali sehari. Pijatlah lembut gusi dan juga pastikanlah gigi serta gusinya tak terluka.

Anda pun harus segera mungkin mengganti sikat sehabis bulu sikat sudah rusak. Sesudah Anda menyikat gigi anak bayi yang baru saja tumbuh, janganlah lupa cuci mulutnya.

Penggunaan pasta gigi berfluorida. Mulailah untuk menggunakan pasta gigi berkandungan fluoride beberapa bulan sesudah bayi mulai tumbuh gigi. Hal Ini mencegah keropos/kerusakan gigi dengan cara memperkuat enamel gigi serta membuatnya jadi lebih tahan pada bakteri. Tapi, jika terlalu sering menggunakan pasta juga tak baik buat gusi bayi. Periksakan ke dokter gigi dan juga mencari tahu apa saja yang merupakan jenis pasta gigi berfluoride yang paling cocok buat anak Anda.

Buat menjaga gusi bayi yang baik Anda haruslah memperhatikan jenis makanan/minuman yang dikonsumsi oleh bayi. Hati-hatilah dengan permen, susu dan jus. Janganlah biasakan anak untuk tidur pakai botol susu dimulutnya. Hal ini akan mengisi mulutnya dengan berbagai bakteri dan juga menyebabkan kerusakan gigi.

Dan yang paling penting, pastikanlah mengunjungi dokter gigi anda secara berkala buat menjaga kesehatan gusi serta gigi bayi.

Dengan Membiasakan perawatan gusi dan gigi sejak dini bisa membuat bayi terbiasa menjaga kebersihan dan kesehatan mulutnya sampai dewasa nanti.
gusi bayi ada benjolan putih berdarah mau tumbuh karena terbentur bengkak bintik tidak rata kuning atas ciri tanda berwarna baru lahir coklat copot cepat rusak karies demam sariawan kista jamur bisul gatal gigis geraham hitam penyebab keropos karena jatuh kapan kotor kelainan luka lambat merah menghitam memutih melenting membersihkan normal rosak prematur pertama rapuh radang

Artikel Sakit Gigi Gusi Lainnya :

Copyright © 2015-2018 Sakit Gigi Gusi