Pengertian Dentin

Melanjutkan informasi kesehatan gigi sebelumnya tentang email gigi, kini pembaca kami ajak untuk mengenal pengertian dentin gigi agar tahu apa itu dentin yang membentuk struktur gigi.

Pengertian Dentin

Pengertian Dentin gigi adalah lapisan yang terletak di bawah email. Denin merupakan bagian antara lapisan email dan ruang pulpa gigi.

Ilustrasi Dentin Gigi (Image www.artikelensi.com

Dentin disebut juga derifat tulang. Pengertian derifat adalah memiliki struktur yang hampir sama dengan tulang. Tapi dentin punya kepadatan dan tingkat kekerasan yang sedikit kurang keras daripada tulang. Struktur penyusun dentin mempunyai sedikit mineral daripada email.

Fakta seputar Dentin

1. Warna Dentin Bervariasi Dari Kuning Muda Hingga Coklat Kehitaman

Warna utama dentin yang paling sering ditemukan adalah kuning kecoklatan pucat. Warna kuning ini juga mempengaruhi putih tidaknya warna email. Tergantung tingkat semi-transparansi email.

2. Pada proses pemutihan, bukan email yang menjadi sasaran melainkan dentin

Proses pemutihan pada umumnya membuat warna kuning dentin menjadi semakin putih. Tujuannya jelas, agar warna dentin yang terlihat dari sifat transparansi email semakin putih dan membuat email berwarna lebih putih.

Jenis-Jenis Dentin

Berdasarkan lokasi terhadap email dan proses regenerasi atau perbaikan, dentin dibagi menjadi 3 jenis yakni :

a. Dentin Primer

Merupakan bagian dentin yang paling keras, belum termineralisasi dan berada langsung di bawah lapisan email.

b. Dentin Sekunder

Adalah jenis dentin yang mulai dapat bergenerasi dan terbentuk setelah pembentukan akar gigi dimulai. Proses pembentukan dentin sekunder menyebabkan volume atau ukuran ruang syaraf berubah menjadi semakin sempit/kecil.

c. Dentin Tersier

Pada proses gigi berlubang yang perlahan mencapai dentin dan merusaknya dentin tersier terbentuk untuk mengganti jaringan dentin yang dirusak oleh proses gigi berlubang tersebut.

Pada kasus gigi berlubang yang terjadi dengan cepat, dentin tersier tidak dapat mengimbanginya, maka terbentuklah lubang gigi pada bagian dentin yang selanjutnya mengarah ke pulpa atau ruang syaraf gigi.

Gigi sensitif sebenarnya adalah dentin yang mengalami hipersensitif (Dentinal Hypersensitivity) atau sensitif yang berlebihan. Hipersensitif dentin disebabkan lapisan email yang melindunginya mengalami penipisan yang diakibatkan proses abrasi dan erosi. Atau di bagian leher gigi karena salah gerakan saat anda menggosok gigi.

Oleh sebab itu, jagalah kesehatan dentin gigi agar kita tidak terkena hipersensitif dentin atau yang masyarakat kenal dengan istilah gigi sensitif.

Dari pengertian dentin gigi, fakta seputar dentin, dan jenis-jenis dentin semoga menambah pengetahuan anda mengenal yang namanya dentin gigi dan istilah gigi sensitif. Baca juga informasi sakit gigi gusi selanjutnya tentang pengalaman cabut gigi geraham berlubang.

Artikel Sakit Gigi Gusi Lainnya :

Copyright © 2015-2018 Sakit Gigi Gusi