Jenis-Jenis Gigi

Jenis-jenis gigi - Gigi manusia dibagi menjadi empat jenis yaitu gigi seri, gigi taring, gigi geraham kecil, dan gigi geraham besar. Masing-masing jenis gigi mempunyai bentuk berbeda. Pada umumnya orang dewasa mempunyai empat jenis gigi ini, sedangkan untuk anak (gigi susu) hanya mempunyai tiga jenis yaitu gigi sering, gigi taring, dan gigi geraham.

Perlu diketahui bahwa gigi seri dan taring gigi susu permanen menggantikan gigi seri dan gigi taring susu. Tetapi, gigi geraham susu digantikan oleh gigi geraham kecil gigi dewasa. Gigi geraham dewasa tumbuh tanpa menggantikan gigi susu manapun.
Gambar Jenis-jenis Gigi (artikelensi)

Jenis-jenis Gigi

Berikut jenis-jenis gigi kita:

1. Gigi Seri

Istilah ilmiah untuk gigi seri adalah gigi insisif, jumlahnya empat di atas dan empat di bawah (lihat gambar). Dinamakan gigi seri karena gigi ini yang langsung terlihat sama, sepasang (seri), dan berdampingan.

Gigi seri terletak pada bagian depan rahang dan merupakan gigi yang langsung terlihat saat pertama kali orang tersenyum atau berbicara. Sehingga tak heran kalau kerusakan pada gigi seri akan sangat mempengaruhi penampilan seseorang. Anda bisa membayangkan wanita cantik seperti artis film Korea menghampiri anda lalu ia tersenyum tanpa satu gigi seri. Rasanya ada kecantikannya yang hilang bukan secara fisik?

2. Gigi Taring

Gigi taring memiliki istilah ilmiah kaninus (bahasa inggris: canine). Ada 4 gigi taring, masing-masing satu di kanan atas, satu di kiri atas, satu di kanan bawah, dan satu di kiri bawah.

Gigi taring adalah gigi yang terakhir tumbuh di rongga mulut, sehingga sering mengalami kekurangan tempat. Posisinya menjadi lebih menonjol dibandingkan gigi yang lain. Masyarakat pada umumnya menyebut dengan istilah gigi gingsul. Tetapi di ilmu kedokteran gigi, nama ilmiah untuk gigi gingsul adalah ektopik atau menonjol. Sebenarnya semua gigi memiliki potensi mengalami ektopik atau gingsul, tetapi gigi taring adalah gigi yang paling sering mengalami kondisi gingsul karena urutan tumbuhnya yang paling terakhir.

Gigi taring juga menjadi simbol drakula karena ujung taringnya yang tajam dan paling menonjol dibandingkan ujung gigi lainnya. Padahal, meskipun ujungnya tajam, gigi taring manusia tidak cukup untuk menembus tulang dan merobek pembuluh darah besar.

3. Gigi Geraham Kecil

Jumlah gigi geraham kecil ada empat di bagian rahang/mulut atas, yaitu dua di kanan atas dan dua di kiri bawah. Lalu ada empat di rahang/mulut bawah yaitu dua di kanan bawah dan dua di kiri bawah. Gigi ini diistilahkan dengan premolar. Pre artinya sebelum/mendahului. Jadi premolar artinya 'mendahului molar'. Hal ini karena letaknya di barisan gigi-gigi sebelum gigi molar (geraham). Bentuknya menyerupai gigi taring. Tetapi mempunyai bukit yang tajam di kedua sisi, bukan satu seperti gigi taring.

Penghubung dua sisi tajam membentuk dataran yang disebut dataran kunyah. Gigi geraham kecil adalah jenis gigi yang hanya ada pada periode gigi tetap. Pada periode gigi susu tidak ada gigi geraham kecil, walaupun gigi geraham kecil tetap adalah gigi yang menggantikan gigi geraham susu dalam proses tumbuh kembang gigi anak.

Gigi premolar atas berbeda dengan yang di bawah. Gigi premolar bawah lebih gemuk daripada gigi premolar atas dan bukti yang satu lebih menonjol daripada bukit yang lain.

4. Gigi Geraham Besar

Gigi ini mempunyai istilah ilmiah 'molar'. Jumlah gigi geraham besar ada 6 di rahang/mulut atas, yaitu tiga di kiri atas dan tiga di kanan atas, sertta enam di rahang mulut bawah, yaitu tiga di kiri bawah dan tiga di kanan bawah.

Gigi ini adalah gigi dengan ukuran terbesar dari seluruh gigi manusia. Seperti premolar, ada beberapa perbedaan antara molar atau gigi geraham, atas dengan bawah. Pada geraham atas, akar gigi berjumlah rata-rata tiga, tetapi pada geraham bawah, gigi ini mempunyai akar rata-rata dua. Gigi geraham atas mempunyai lima bukit/bagian menonjol. Sedangkan gigi geraham bawah hanya mempunyai empat bukit/bagian menonjol.

Gigi ini masing-masing ada tiga di kanan atas, kiri atas, kanan bawah, dan kiri bawah. Jadi total ada 12 gigi geraham besar. Selisih jumlah gigi susu (20) dan gigi tetap (32).

Demikian penjelasan lengkap mengenai jenis-jenis gigi pada manusia. Semoga bermanfaat ya. Silahkan di share ke teman atau saudara anda.

Artikel Sakit Gigi Gusi Lainnya :

Copyright © 2015-2018 Sakit Gigi Gusi