Pengertian Gusi, Jenis, dan Ciri-cirinya

Pengertian Gusi, Jenis, dan Ciri-cirinya perlu kita ketahui. Gusi adalah bagian dari kesehatan gigi dan mulut yang sering diabaikan atau sering tidak dijaga kondisi kesehatannya. Banyak juga orang yang tidak ambil pusing meskipun dia sedang sakit gusi.

Gusi atau dalam bahasa ilmiahnya gingiva (dibaca: gingggiva) adalah penutup tulang rahang. Gusi merupakan salah satu jaringan lunak (mukosa) di rongga mulut selain pipi, bibir, lidah, dan langit-langit.

Hampir semua orang jika ditanya: apa warna gusi? Pasti mereka menjawab merah/merah muda. Sebenarnya jawaban tersebut kurang tepat. Karena warna asli gusi (gingiva) adalah transparan.

Gusi menutupi dan terletak ke tulang rahang melalui bantuan serat halus yang bernama serat periodontal. Gusi dan serat periodontal adalah salah dua bagian dari jaringan penyangga gigi. Bagian-bagian lainnya adalah tulang rahang dan sementum.

Pengertian Gusi


Gusi dibagi menjadi tiga jenis yaitu:

1. Gusi Tepi Gusi tepi adalah gusi yang menyelimuti gigi. Tidak menempel ke gigi tapi terhubung ke gusi cekat di bawahnya. Supaya anda tidak bingung, pahami ini. Perumpamaannya gusi tepi ini seperti kerah baju. Kita tahu kerah menempel langsung ke leher, tapi terhubung dengan bagian baju di bawah yang menempel ke tubuh. Gusi tepi menjadi indikator kesehatan gusi dan jaringan pendukungnya.

2. Gusi Cekat Agar anda paham, kami jelaskan dengan perumpamaan. Ini adalah bagian yang menempel ke tubuh. Melapisi tubuh dari hawa udara dingin dan panas. Dinamakan Gusi Cekat karena tidak dapat digerakkan seperti halnya gusi tepi. Batas akhir gingiva adalah dengan pipi.

3. Gusi Interdental Biasanya lebih umum digunakan dengan istilah papila interdental. Bentuknya seperti lembah di daerah perbatasan antara dua gigi dan berbentuk seperti piramida di bagian depan dan belakang gigi.

Anda kini sudah tahu jenis gusi. Lantas pertanyaan selanjutnya: Apakah ciri-ciri gusi sehat?

Ciri-ciri gusi sehat adalah sebagai berikut:
  1. Warna Gusi sehat terlihat merah muda, meskipun hal ini bukan mutlak terjadi. Pada beberapa kasus, warnanya bisa menjadi lebih gelap tergantung warna kulit anda.
  2. Gusi sehat tidak mengkilap dengan konsistensi dan tekstur seperti kulit jeruk. Tetapi yang perlu anda ketahui, gusi mengkilap bisa jadi karena efek air liur (saliva) yang membasahinya. Untuk memastikan apakah mengkilapnya karena radang gusi atau bukan, sebaiknya konsultasikan ke dokter gigi di puskesmas atau rumah sakit.
  3. Gusi sehat seperti kenyal-kenyal padat.
  4. Gusi sehat tidak mengalami pendarahan. Pendarahan disini dibagi menjadi 2, yaitu pendaraha n spontan dan tidak spontan. Maksudnya, gusi mengeluarkan darah, baik saat kena tusukan (misalnya sikat gigi, tusuk gigi, atau benang gigi), maupun ketika tidak kena tusukan.
Pastikan gusi anda sehat. Rutinlah check up ke dokter gigi untuk memeriksa kesehatan gigi, gusi, mulut anda.

Baca juga info sakit gigi gusi :
Demikian pengertian gusi, jenis-jenis, dan ciri-cirinya. Semoga bermanfaat

Artikel Sakit Gigi Gusi Lainnya :

Copyright © 2015-2018 Sakit Gigi Gusi