Harga Obat Cataflam: Indikasi Dosis Aturan Pakai dan Efek Samping

Harga obat Cataflam di apotek dan toko obat. Cataflam obat sakit Gigi paling ampuh yang sering digunakan untuk meredakan nyeri gigi, pada punggung, migrain dan yang lainnya. Cataflam merupakan nama paten dari obat kalium diklofenak. Jadi cataflam juga adalah derivat dari benzeneacetic acid. Dan nama kimia obat ini ialah 2-(2,6-dichlorophenyl amino benzeneacetic acid, yang tergolong dalam garam monopotassium. Rumus untuk molekul obat ini ialah C14H10Cl2NKO2 dengan komposisi berat molekul 334,25.


harga obat cataflam

Obat cataflam sama halnya seperti kalium diklofenak tergolong dalam obat non steroidal antiinflammatory drug yang sering disingkat NSAID yang memiliki efek aktif antiinflamasi, analgesik, serta antipiretik.

Mekanisme aksi dari tablet kalium diklofenak adalah seperti golongan pada obat NSAID lainnya, mungkin juga terkait penghambatan sintesis prostaglandin. Jenis obat ini sering dipakai untuk meringankan rasa nyeri inflamasi atau pembengkakan pasca operasi, seperti habis operasi tulang dan juga gigi.

Obat ini sangat cocok digunakan sebagai pereda sakit gigi dan gusi bengkak. Obat ini efek samping nya cukup cepat. Merek paling terkenal ialah Cataflam dengan takaran dosis 25mg, 50 mg, berbentuk powder, atau bentuk tablet dispers yang sangat mudah larut. Obat ini harus diminum setelah makan karena sering sekali menyebabkan iritasi lambung.

Harga Obat Cataflam, Aturan Pakai, Dosis, Indikasi, Efek Samping, Kontradiksinya

Indikasi

Cataflam merupakan hak merek paten dari jenis obat diclofenat. Dalam kehidupan sehari-hari, masyarakat lebih mengenal cataflam sebagai obat pereda sakit gigi. Diclofenat yang merupakan kandungan dari cataflam merupakan salah satu obat jenis analgetik, yaitu macam obat-obatan yang fungsinya mengurangi rasa nyeri atau ngilu.

Terdapat 2 jenis diclofenat, yaitu natrium / sodium diclofenat dan juga kalium diclofenat. Kalium diclofenat umumnya lebih cepat mulai bekerjanya jika dibandingkan dengan sodium diclofenat jadi untuk rasa nyeri yang sangat berat menjadi pilihan utama adalah kalium diclofenat. Diclofenat bekerja dengan segera dalam waktu sekitar 10-30 menit sesudah dikonsumsi. Diclofenat ataupun cataflam bekerjanya dengan menghambat cycooxygenase (COX)-2 dan COX-1 yang merupakan adalah jalur aktivasi sensasi rasa nyeri.

Diclofenat bisa diindikasikan untuk mengurangi rasa nyeri pada kondisi:
  • Nyeri pada sendi rematik "artritis reumatik"
  • Nyeri pada punggung akibat dari pengkapuran tulang;
  • Nyeri saat mestruasi (dismenorea);
  • Nyeri perut yang akut;
  • Serangan sakit migrain.
Cataflam tidak boleh diberikan jika kondisinya berikut:
  1. Alergi pada diclofenat;
  2. Penekanan pada sumsum tulang belakang;
  3. Pasien memiliki riwayat pemasangan bypass pada jantung.
Cataflam tidak dianjurkan bila kondisi berikut:
  1. Kelainan saat perdarahan;
  2. Luka pada lambung;
  3. Sariawan;
  4. Gangguan pada fungsi hati;
  5. Hamil di trimester akhir.

Efek Samping Cataflam Obat Sakit Gigi

Efek samping cataflam yakni nyeri perut seperti saat sakit maag. Oleh karena itulah, cataflam sebaiknya untuk dikonsumsi setelah makan. Sebelum anda meresepkan cataflam sebaiknya untuk ditanyakan apakah pasien tersebut mempunyai penyakit maag ataukah tidak. Beberapa efek samping dari cataflam antara lainnya.

Cataflam Obat Sakit Gigi Kesehatan Pada Wanita Hamil

Baik secara penelitian reproduksi pada hewan tidak menunjukkan adanya risiko pada janin ataupun penelitian yang terkendali pada perempuan hamil ataupun hewan juga tidak memperlihatkan adanya efek yang merugikan (kecuali pada penurunan kesuburan) dimana tak ada penelitian yang terkendali yang mengkonfirmasi terdapat risiko pada wanita hamil pada trimester pertama (dan tak ada bukti terdapat risiko di trisemester selanjutnya).

Kemasan
  • Tablet 50mg x 50 biji.

Dosis dan Aturan Pakai

Dewasa : aturan dosis awal 100-150 mg dibagi menjadi 2-3 dosis.
Pada kasus lebih ringan serta untuk anak yang berusia lebih 14 tahun : yakni 75-100 mg dalam sehari.

Maka , Dosis maksimal sehari ialah 150 mg.bila anda membagi 3 pada pagi siang dan juga malam 1 biji atau tablet . Obat ini tidaklah boleh untuk anak kecil (umur dibawah 14 tahun). Namun, pada sejumlah studi menunjukkan jika cataflam aman digunakan untuk anak usia 3 sampai 16 tahun.

Harga Cataflam Obat Sakit Gigi

Apabila kemasan pada Tablet 50 mg x 50 biji. biasanya harga sekitar 270.000 . Jika eceran per tablet harganya sekitar 7000 ribu rupiah . Tetapi, ada juga kemasan 25 Mg yang lebih murah tinggal bagi dua saja harganya.

Baca juga:
Demikian info harga obat Cataflam, indikasi, dosis aturan pakai dan efek Sampingnya. Silahkan anda beli di apotek terpercaya di kota anda. Semoga sakit gigi gusi anda cepat sembuh.

Artikel Sakit Gigi Gusi Lainnya :

Copyright © 2015-2018 Sakit Gigi Gusi