Disclosing Agent Untuk Mengatasi Plak Gigi

Bagi anda yang ingin melihat dan memastikan ada atau tidaknya plak gigi dapat menggunakan pewarna khusus yang bernama disclosing agent. Disclosing Agent dapat digunakan untuk Mengatasi Plak Gigi. Plak gigi adalah lapisan yang bening, tipis berupa mucus, dan dipenuhi kumpulan bakteri yang ada pada rongga mulut. Bagaimana cara disclosing agent untuk mengatasi plak gigi selengkapnya dibahas dibawah ini.

Mucus adalah kumpulan dari mucin, yaitu zat yang ada pada air liur (saliva). Kita tahu bahwa permukaan gigi kita bentuknya licin sehingga tidak ada tempat bagi bakteri untuk hadir disana. Nah, mucus bisa dibilang sebagai media atau sarana bagi bakteri untuk menempel di gigi anda. Tanpa mucus, bakteri tidak akan dapat menempel pada permukaan gigi. Mucus ini harus rutin dibersihkan agar tidak ada tempat bagi bakteri. Jika kita tidak membersihkannya maka bakteri akan menempel, berkumpul, dan akhirnya menyebababkan gigi berlubang.

Ilustrasi Gigi diwarnai Disclosing Agent
Masalahnya, lapisan mucus ini bening dan tipis sehingga kita tidak akan menyadari bahwa mucus telah dipenuhi bakteri dan menjelma menjadi plak gigi. Pembentukan plak gigi pun tidak dapat dicegah jika sudah pada tahapan ini. Plak akan selalu ada dan selalu terbentuk lagi. Jika kondisinya sudah seperti ini maka yang perlu kita lakukan adalah mengontrol supaya jumlah plak gigi tidak terlalu banyak.

Tetapi katanya, plak ini bening. Lalu bagaimana cara memastikan bahwa plak ini telah dihilangkan sebagian dan tidak terlalu banyak di gigi?

Solusi untuk "melihat" lapisan bening tipis ini untuk dihilangkan yaitu dengan mewarnainya. Salah satu pewarna yang dapat anda pakai namanya Disclosing Agent. Pewarna Disclosing agent dapat mewarnai plak yang tipis bening menjadi warna merah sehingga anda dapat melihat seperti apa bentuk plak yang anda miliki. Setelah plak terlihat, segera bersihkan. Masih bingung? mari kita lanjutkan.

Plak gigi kan bentuknya bening. Jadi tanpa kita sadari plak sudah ada. Jadi kita mesti ekstra perhatian terhadap plak sekaligus untuk memastikan pembersihan gigi sudah tepat menghilangkan plak di gigi. Caranya kita warnai plak agar kelihatan dengan memberikan tetesan cairan disclosing agent ke bawah lidah atau dapat langsung ke gigi anda. Lalu sapukan secara merata ke seluruh gigi dengan bantuan lidah. Setelah gigi tersapu, jangan berkumur dulu. Ambil kaca untuk bercermin. Nah warna merah di leher gigi itulah yang disebut plak. Sekarang gosok gigi anda yang sudah diwarnai disclosing agent hingga bersih kembali. Setelah itu, coba ulangi warnai dengan disclosing agent, jika cara yang anda lakukan sudah tepat maka garis merah di leher gigi mestinya mulai berkurang. Jika masih ada garis merah, sikat gigi lagi agar hilang seluruhnya.

Pemakaian disclosing agent ini terutama ditujukan untuk anak-anak. Tujuannya agar mereka tahu bawah gigi sudah bersih tanpa plak. Tapi tidak tertutup kemungkinan untuk orang dewasa yang ingin memastikan giginya sudah bersih juga dapat memakai disclosing agent. Pewarna disclosing agent tersedia dalam bentuk cairan, tablet, dan gel. Yang paling umum dipakai adalah cairan karena mudah dalam penggunaannya.

Baca info sakit gigi gusi berikut:
Disclosing agent untuk mengatasi plak gigi ini sayangnya tidak dijual bebas di toko obat dan apotek. Untuk membelinya hanya ada di toko bahan kedokteran gigi. Nah bagi anda yang penasaran dengan ada atau tidaknya plak gigi bisa memakai pewarna disclosing agent untuk mengatasi plak gigi.

Artikel Sakit Gigi Gusi Lainnya :

Copyright © 2015-2018 Sakit Gigi Gusi