Cara Membersihkan Noda Gigi Yang Membandel

Terkait dengan gigi, tidak ada yang lebih diharapkan oleh orang selain gigi putih bersih serta terawat. Sayangnya, masih banyak orang yang belum mencapai kondisi tersebut. Masih banyak orang yang mengeluhkan giginya kurang bersih karena banyak noda yang menempel di gigi. Bahkan beberapa orang merasa noda atau bercak pada giginya tampak jelas meskipun mereka merasa rajin menggosok gigi. Simak cara membersihkan noda gigi yang membandel dibawah ini.

Noda pada gigi disebabkan karena banyak faktor, terutama makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari seperti teh, kopi, atau minuman dengan zat pewarna kimia yang banyak beredar di pasaran. Noda gigi juga dapat muncul karena kebiasaan buruk seperti merokok, mengunyak daun sirih.



Nah, situs SakitGigiGusi akan membocorkan beberapa prosedur cara membersihkan noda gigi yang dapat anda lakukan sendiri di rumah.

1. Bersihkan gigi secara rutin dengan sikat gigi, pasta gigi, dan dental floss

Anda perlu menyikat gigi minimal 2x sehari dan memakai benang gigi 1x sehari. Anda mungkin bertanya: "Bagaimana bisa hanya dengan sikat gigi, pasta gigi, dan benang gigi dapat menghilangkan noda gigi?" Jawabannya penting sekali. Itulah mengapa kami letakkan di nomor 1. Hal ini adalah hal mendasar untuk prosedur pembersihan noda gigi. Prosedur ini memastikan agar noda gigi tidak malah bertambah dan noda yang telah dibersihkan tidak akan kembali mengotori gigi anda. Perlu anda ingat bahwa cara ini adalah langkah pencegahan, bukan pembersihan noda, sebab sekeras apapun usaha penyikatan gigi, anda tidak akan dapat membersihkan noda gigi yang membandel.

2. Banyak Berkumur

Berkumur dapat melarutkan zat-zat yang berpotensi menyebakan warna pada gigi. Zat-zat tersebut meliputi tanin pada teh, kafein pada kopi, atau nikotin pada rokok. Bila dapat menyikat gigi maka akan lebih baik lagi daripada hanya sekedar berkumur saja.

Mungkin anda berpikir akan repot jika tiap kali minum kopi atau teh perlu sikat gigi. Ya kalau anda sedang di rumah. Bagaimana jika sedang di cafe, restoran, atau rumah teman? Solusinya cukup berkumur saja. Siapkan air bening untuk berkumur-kumur selama sekitar 20 detik setiap selesai konsumsi makanan manis. Tujuannya untuk mengurangi kadar gula yang dapat menempel di gigi.

3. Konsumsi Makanan berair

Makanan berair itu seperti buah apel, bengkoang, wortel, atau strowberry. Cairan yang dikeluarkan oleh buah-buahan tersebut mengandung larutan asam tetapi tidak terlalu asam yang dapat membuat gigi berlubang. Larutan asam tersebut akan membantu upaya anda menghilangkan sebagian noda di gigi. Larutan tersebut juga berfungsi sebagai obat kumur yang dapat masuk ke sela-sela gigi dan membersihkan area yang sulit dibersihkan. Selain itu, konsumsi buah-buahan tersebut dapat mencegah noda dan gigi berlubang.

Baca info sakit gigi gusi berikut:
Nah jika 3 cara tersebut tidak juga membersihkan noda gigi secara tuntas, alternatifnya proses pemutihan gigi oleh dokter yang profesional. Demikian cara membersihkan noda gigi yang membandel. Semoga noda gigimu cepat hilang. Silahkan dipraktekkan.

Artikel Sakit Gigi Gusi Lainnya :

Copyright © 2015-2018 Sakit Gigi Gusi