Penyebab Sering Sariawan Terus-Menerus

Selain sakit gigi dan gusi, gangguan kesehatan yang sering menyerang mulut kita adalah sariawan. Mungkin tidak akan menjadi masalah jika sariawan itu hanya kecil dan jarang terjadi. Namun bagaimana jika anda sering mengalami sariawan, tentu saja hal ini akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Oleh sebab itu, anda perlu mengetahui mengapa anda sering mengalami sariawan dan apa penyebab sering sariawan terus-menerus.

Mulai dari bayi, anak, remaja hingga orang dewasa beresiko menderita sariawan. Untuk itu waspadalah jika anda sering menderita sariawan, karena sebenarnya sariawan merupakan tanda atau gejala gangguan kesehatan pada tubuh anda.



Berikut beberapa penyebab utama sering sariawan yang bekepanjangan:

a. Kurang VItamin B12

Permukaan kulit dan mukosa mulut adalah bagian tubuh yang sering mengalami kekurangan vitamin B12. Jika anda sering sariawan akibat kekurangan vitamin B12 maka artinya anda kurang asupan vitamin B12. Beberapa makanan yang mengandung vitamin B12 antara lain ikan tuna, kepiting, sarden, kerang, salmon, daging sapi, daging kambing, daging ayam, keju, dan telur. Selain itu anda juga dapat meminum suplemen vitamin B12 secara teratur saat sariawan agar cepat sembuh.

b. Kekurangan Asam Folat, Zink, Zat Besi, Kalsium

Kekurangan nutrisi dan mineral seperti asam folat, zink, zat besi, maupun kalsium dapat menjadi penyebab utama sering sariawan. Makanan yang mengandung asam folat yaitu bayam, brokoli, kol, pisang, jeruk, pepaya, dan kentang. Sedangkan makanan yang mengandung zink yaitu jamur, coklat hitam, bayam, kepiting, bawang putih, kacang-kacangan, biji-bijian, telur, daging merah.

Jika anda kekurangan zat besi, maka anda perlu konsumsi makanan yang mengandung zat besi seperti daging merah, kuning telur, ikan laut, sayuran hijau, kacang kedelai, kismis. Adapun jika kekurangan kalsium, maka konsumsilah makanan tinggi kalsium seperti pisang, susu, keju, selada air, dan brokoli.

c. Luka di Mulut

Luka di mulut walaupun lukanya kecil namun lama-kelamaan akan teriritasi menjadi besar. Luka di mulut biasanya disebabkan karena menyikat gigi terlalu kuat, tergigit gigi saat mengunyah, akibat pemakaian behel atau kawat gigi, pemakaian gigi palsu yang kurang pas, kurang menjaga kesehatan gigi dan mulut, dan lain-lain. Jika terjadi luka di mulut, konsumsilah vitamin C tinggi agar proses pemulihan sariawan menjadi lebih cepat.

d. Daya Tahan Tubuh Menurun

Imunitas yang rendah cenderung rentan terkena sariawan. Meskipun demikian, tidak semua orang yang daya tubuhnya rendah mengalami sariawan.

e. Stres dan Kurang Tidur

Saat anda mengalami stres dan kurang tidur, maka mudah bagi anda mengalami sariawan. Sariawan yang terjadi pada orang yang sedang stres biasanya akan berlangsung lama. Jika sudah begini maka lakukan aktivitas yang dapat mengurangi stres dan cukupilah waktu tidur anda. Selain itu, selalu bersyukur terhadap karunia-Nya agar anda tidak merasa terbebani dalam hidup karena hidup kita ini sudah ada yang mengatur.

Baca juga:
Selain itu jika anda sering mengalami sariawan, hindarilah makanan pedas, panas, dan asam. Perhatikan faktor penyebab sering sariawan agar kondisi kesehatan tetap prima.

Artikel Sakit Gigi Gusi Lainnya :

Copyright © 2015-2018 Sakit Gigi Gusi