3 Ciri-Ciri Gigi Sensitif

Apakah anda mengalami ciri gigi sensitif? Gigi sensitif adalah rasa ketidaknyamanan pada gigi akibat konsumsi makanan atau minuman yang panas, dingin, asam, dan manis. Gigi sensitif dapat menyebabkan rasa sakit seperti kejutan yang tersengat sebentar atau yang kita kenal dengan istilah gigi ngilu.

Meskipun anda tidak mempunyai gigi berlubang dan selalu merawat kesehatan gigi secara rutin, namun jika anda sering ngilu artinya anda punya masalah gigi sensitif. 3 ciri gigi sensitif secara umum adalah sebagai berikut:

Ilustrasi Terasa ngilu karena gigi sensitif Credit to istock

a. Rasa ngilu yang menyengat saat konsumsi makanan tertentu

Makanan panas, dingin, asam, manis dapat menyebabkan rasa ngilu pada penderita gigi sensitif. Hal ini karena gusi yang menutupi dentin sudah terbuka, sehingga gigi menjadi lebih sensitif terhadap stimulus panas atau dingin.

Agar tidak ngilu, gunakan sedotan saat minum panas/dingin sehingga tidak terkena gigi sensitif. Sedangkan jika ingin makan, tunggulah beberapa saat hingga makanan tidak terlalu panas dan dingin.

b. Ngilu saat bernafas lewat mulut

Hembusan saat bernafas lewat mulut mengakibatkan rasa ngilu di gigi yang mengalami penurunan gusi. Walaupun demikian, umumnya penderita gigi sensitif tidak merasa ngil saat giginya terpapar hembusan panas/dingin.

c. Ngilu pada saat menyikat gigi

Menggosok gigi yang terlalu kuat bisa merusak perlekatan gusi dengan gigi. Dampaknya sebagian dentin gigi terbuka karena penurunan gusi.

Jika anda terus-menerus menyikat gigi terlalu kuat maka dentin yang terbuka akan mengalami abrasi gigi, yaitu terkikisnya dentin yang mengakibatkan gigi sensitif.

Selain itu, perhatikan bulu sikat gigi. Pastikan agar bulu sikat gigi tidak kasar sebab akan menyebabkan abrasi yang semakin dalam. Jika kondisi ini dibiarkan terus-menerus, keluhan rasa ngilu akan sering terjadi meskipun anda konsumsi makanan tidak terlalu panas atau dingin.

Nah jika andan memiliki tanda atau ciri gigi sensitif tersebut, maka jangan ragu untuk periksa ke dokter gigi agar segera mendapatkan perawatan yang tepat.

Artikel Sakit Gigi Gusi Lainnya :

Copyright © 2015-2018 Sakit Gigi Gusi