Masih Sakit Gigi Meskipun Sudah Cabut Gigi?

Sakit gigi terasa luar biasa sakitnya. Solusi untuk gigi yang bermasalah dan tidak bisa ditambal lagi yaitu dicabut. Namun adakalanya pasien mengeluh masih sakit gigi, meskipun sudah dicabut padahal obat selalu diminum sesuai resep dokter. Mengapa masih sakit gigi meskipun sudah cabut gigi yang bermasalah?

Pasien tentunya berharap setelah gigi dicabut maka dia tidak akan menderita sakit gigi lagi. Hal normal yang biasanya ada dipikiran pasien adalah apakah ia akan memakai gigi palsu atau tidak. Tetapi jangankan berpikiran seperti itu, yang ada malah masih sakit gigi meskipun sudah dicabut.

masih sakit gigi meskipun sudah cabut gigi
Ilustrasi masih sakit gigi meskipun sudah cabut gigi (Credit to shutterstock)
Berikut beberapa penyebab sakit gigi pasca pencabutan gigi yang mungkin terjadi:
  • Daerah trauma yang ditinggalkannya cukup besar. contohnya pasca operasi gigi geraham bungsu. Dengan prosedur pembuangan tulang, umumnya pasca pencabutan pasien akan mengeluhkan sakit pada area tersebut.
  • Dry Socket, yaitu infeksi yang terjadi pasca pencabutan gigi karena kegagalan dalam proses pembekuan darah.

    Salah satu obat sakit gigi yaitu berkumur dengan air garam. Namun khusus 24 jam pasca cabut gigi, pasien dilarang untuk berkumur. Hal ini karena berkumur pasca pencabutan gigi dapat mengakibatkan pembekuan darah yang sedang dalam proses akan terlepas lagi sehingga dapat menyebabkan infeksi dan rasa sakit, yang disebut dry socket.
Beberapa hal yang perlu dilakukan oleh pasien pasca cabut gigi yaitu:
  1. Gigit kapas yang ditempelkan oleh dokter selama 1 jam.
  2. Buanglah kaspas setelah 1 jam lalu minum obat yang telah diberikan oleh dokter.
  3. Tidak boleh berkumur maupun menghisap area gusi yang dicabut karena akan mengganggu proses pembekuan darah. Biarkan darah mengenangi socket atau kantung bekas gigi. Bila anda merasa darah terasa seakan meluber, ditelan saja darahnya.
  4. Dilarang makan makanan yang panas dan pedas.
  5. Dilarang merokok.
  6. Pada saat hendak menguyah makanan pakailah gigi yang berlawanan dengan sisi gigi yang dicabut.
  7. Jika ingin minum lakukan secara normal, jangan menggunakan sedotan.
Baca: Inilah alasan kenapa biaya dokter gigi itu mahal!

Untuk mendapatkan penanganan medis karena masih sakit gigi meskipun sudah cabut gigi, maka sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter gigi agar dapat dilakukan pemeriksaan langsung.

Artikel Sakit Gigi Gusi Lainnya :

Copyright © 2015-2018 Sakit Gigi Gusi