Cara Memutihkan Gigi Bagi Perokok Aktif

Pada umumnya perokok sulit untuk memiliki gigi yang putih. Sebab rokok cenderung membuat gigi menjadi kuning. Simak tips dan cara memutihkan gigi bagi perokok aktif di bawah ini.

Kita tahu bahwa rokok menjadi salah satu penyebab utama gigi kuning dan karang gigi. Tentu saja kebiasaan merokok tidak baik bagi kesehatan gigi. Namun bagi anda yang belum bisa berhenti merokok dan sudah terlanjur mempunyai karang gigi yang menguning, cobalah tips memutihkan gigi khusus bagi perokok.

Cara Ampuh Memutihkan Gigi Bagi Perokok Aktif

Berikut 10 cara ampuh untuk memutihkan gigi perokok.

Cara Memutihkan Gigi Bagi Perokok Aktif
Ilustrasi Gigi Perokok Aktif

1. Baking Soda

Baking soda mungkin terasa aneh pada awal penggunaannya. Tetapi baking soda memang akan memberikan hasilnya dalam beberapa minggu sejak pemakaian yang pertama. Caranya taburi sedikit baking soda lalu berilah sedikit air diatasnya dan sikatlah gigi pelan-pelan pada waktu malam hari.

2. Obat kumur khusus perokok

Salah satu alternatif mudah bagi perokok yang ingin memutihkan giginya yaitu dengan menggunakan obat kumur khusus perokok. Produk ini tersedia di apotek. Obat ini dapat memberikan kenyamanan di mulut dan gunakanlah setelah anda menyikat gigi.

3. Pasta gigi dengan formula pemutih

Saat ini telah banyak produk pasta gigi formula putih untuk perokok. Fungsi produk ini yaitu memutihkan gigi perokok. Anda dapat mengganti pasta gigi biasa dengan pasta gigi formula pemutih yang didesain untuk para perokok.

5. Konsumsi Strawberi

Buah strawberi atau orang lebih sering menyebutnya dengan stroberi mempunyai khasiat memutihkan gigi. Hanya dengan mengkonsumsi buah stroberi secara rutin maka gigi anda perlahan-lahan akan memutih.

6. Konsumsi Apel

Buah apel mampu membersihkan gigi, sebab mengandung asam malam yang biasanya digunakan untuk produk pasta gigi. Fungsi asam malam yaitu meningkatkan produksi air ludah (saliva) yang dapat membersihkan gigi dari noda yang membandel.

7. Konsumsi buah nanas

Buah nanas mengandung bromelain, yaitu senyawa anti radang dan mempunyai sifat membersihkan gigi. Berdasarkan penelitian International Journal of Dental Hygiene, bromelain adalah bahan efektif untuk penghilang noda pada pasta gigi.

8. Brokoli

Sayuran brokolo kaya serat sehingga membantu mengurangi peradangan di mulut. Berdasarkan penelitian European Journal of Dentistry, mengkonsumsi brokoli mentah dan segar dapat membersihkan dan mencerahkan warna gigi. Selain itu kandungan zat besi didalamnya juga dapat memberikan dinding pelindung agar tidak terjadi kerusakan email dan mencegah plak dan gigi berlubang.

9. Keju

Berdasarkan studi American Academy of Cosmetic Dentistry, keju mengandung asam laktat yang dapat mencegah gigi berlubang. Selain itu keju juga dapat membersihkan gigi dengan cara menstimulus air ludah (saliva).

10. Konsultasikan ke dokter

Bagaimanapun berkonsultasi dengan dokter gigi merupakan cara yang terbaik. Dokter akan melakukan pemeriksaan pada kesehatan gigi anda dari kemungkinan faktor yang menyebabkan sakit gigi dan gusi, gigi kuning, dan lain-lain. Untuk hasil yang maksimal, dianjurkan untuk check up setiap minimal 6 bulan sekali.

Demikian 10 cara memutihkan gigi bagi perokok aktif. Silahkan dicoba dan semoga berhasil. Untuk hasil maksimal, berkonsultasi dengan dokter gigi.

Artikel Sakit Gigi Gusi Lainnya :

Copyright © 2015-2018 Sakit Gigi Gusi