Mengapa Gusi Berwarna Gelap?

Saat orang tersenyum, yang pertama akan terlihat bukan hanya kerapihan barisan gigi tetapi juga gusi. Gusi yang sehat berwarna merah muda. Tetapi ada juga sebagian orang yang memiliki gusi agak gelap. Yang menjadi pertanyaan mengapa gusi berwarna gelap? Simak penjelasannya dibawah ini.

Pada umumnya warna gusi menyesuaikan dengan warna kulit sehingga diperngaruhi oleh genetik, ras, dan kadar pigmen melanin.

Walaupun kadar pigmen ini bersifat fisiologis (normal), namun ada beberapa kondisi yang mengakibatkan warna gusi yang semula berwarna merah muda menjadi berwarna gelap. Pembentukan melanin, yaitu pigmen yang memberikan warna gelap, meningkat jika seseorang sering terkena sinar matahari terutama pada siang hari. Oleh karena itu, orang yang lebih banyak beraktivitas di luar ruangan atau kerja lapangan lebih beresiko mengalami perubahan warna kulit dan gusi menjadi berwarna lebih gelap.

Mengapa Gusi Berwarna Gelap

Demikian pula halnya pada anak-anak. Jika gusi mereka berubah warna saat masih kecil maka warna gusi akan tetap hingga dewasa kelak. Pada umumnya perubahan warna ini terjadi pada gusi yang ada dekat gigi, tetapi bagian gusi yang tertutup bibir masih berwarna merah muda.

Beberapa studi menyatakan bahwa beberapa penyebab gusi berwarna gelap seperti akibat merokok, sering terpapar polusi timbal, dan keracuan merkuri.

Perubahan warna merah muda menjadi lebih gelap ini hanya terjadi pada permukaan. Jadi gusi yang berwarna gelap tersebut masih bisa diperbaiki dan dipulihkan menjadi merah muda kembali seperti warna gusi normal.

Cara efektif untuk memulihkan gusi berwarna gelap yaitu dengan menghilangkan "lapisan" kehitaman dengan operasi pembedahan oleh dokter gigi. Prosedur ini tergolong pembedahan minor yang tidak menyakitkan, sehingga pasien biasanya hanya perlu bius lokal. Setelah lapisan epitelnya disingkirkan maka lapisan epitel baru akan terbentuk dengan warna normal. Perkembangan teknologi kedokteran juga memungkinkan cara alternatif dengan laser, sehingga lebih meminimalkan luka dan proses penyembuhan pasien pun menjadi lebih cepat.

Demikian penjelasan tentang mengapa gusi berwarna gelap dan apa yang mesti dilakukan untuk memulihkan warna gusi menjadi normal kembali. Semoga bermanfaat dan baca terus artikel kesehatan gigi dan mulut untuk memperkaya pengetahuan anda. Salam, semoga bermanfaat.

Artikel Sakit Gigi Gusi Lainnya :

Copyright © 2015-2018 Sakit Gigi Gusi