Balita Ngedot Lama Punya Resiko Gigi Berlubang

Setiap orang tua bakalan waswas kalau anak balitanya makan makanan manis terlalu banyak. Kehawatiran ini lumrah sebab mereka takut gigi anaknya menjadi berlubang. Salah satu kebiasaan buruk yang membuat gigi berlubang yaitu ngedot terlalu lama. Balita ngedot lama punya resiko gigi berlubang yang akan dibahas dibahwa ini.

Padahal sebetulnya, bukan karena makanan manis saja yang menyebabkan gigi berlubang. Gigi susu anak sebetulnya lebih rentan berlubang daripada gigi permanen.


Balita yang ngedot terlalu lama Dapat Menyebabkan Gigi Berlubang (Gambar Shutterstock)


Gigi susu memang mempunyai ukuran yang lebih kecil dan email gigi yang lebih tipis daripada gigi permanen. Itulah sebabnya gigi susu anak lebih mudah berlubang. Kondisinya makin diperparah dengan kebiasaan buruk seperti malas menyikat gigi dan terlalu banyak makan makanan manis.

Selain faktor makanan manis, kebiasaan ngedot juga dapat membuat gigi berlubang. Jadi sebaiknya jangan biasakan anak terlalu lama ngedot karena dapat menyebabkan gigi berlubang dan gigi tonggos.

Ada kebiasaan yang umumnya dilakukan oleh sebagian orang tua, yaitu menempelkan dot di mulut anak sampai akhirnya si kecil tertidur. Gigi berlubang yang diakibatkan penggunaan dot terlalu lama dikenal dengan istilah nursing bottle caries.

Pada akhirnya susu formula yang manis akan menggenangi mulut anak dan mengenai gigi atasnya. Perlahan-lahan gigi si kecil akan mudah rusak, berlubang, dan roges.

Tetapi kebiasaan tersebut hanya merusak gigi atas, sebab gigi bawah aman dari susu karena ada lidah.

Sebetulnya, yang mengakibatkan gigi berlubang adalah susunya yang manis. Tetapi pemakaian dot dengan susu formula yang manis akan membuat gula berada dalam mulut dan saat itulah bakteri bekerja untuk merusak gigi si kecil.

Demikian alasan mengapa balita ngedot lama punya resiko gigi berlubang. Agar gigi si kecil tetap sehat, orang tua perlu memperhatikan kesehatan gigi dan kebiasaan si kecil.

Artikel Sakit Gigi Gusi Lainnya :

Copyright © 2015-2018 Sakit Gigi Gusi