Apakah Membersihkan Karang Gigi Merusak Email?

Menurut dokter, karang gigi perlu dibersihkan. Tetapi apakah membersihkan karang gigi merusak email? Keraguan ini tentunya perlu penjelasan dari sisi medis.

Sampai sekarang penyakit periodontal atau periodontitis masih berada di rangking pertama sebagai penyebab kehilangan gigi orang dewasa. Penyakit ini terjadi karena bakteri yang menginfeksi gusi dan tulang yang menopang gigi. Plak atau kotoran yang menempel pada gigi mengandung sisa-sisa makanan dan bakteri. Jika kita membersihkan secara rutin dan benar, maka plak yang semula bersifat lengket akan mengeras karena deposit mineral dari cairan mulut, makanan atau minuman yang kita konsumsi. Inilah yang disebut karang gigi atau dental calculus.

Karang gigi menjadi hunian dan media berkembang biak bakteri berbahaya sebab dapat mengakibatkan perlekatan gusi ke gigi menjadi rusak sehingga terbentuk celah atau poket gigi. Bakteri ini menyebabkan sistem imunitas tubuh merespon dengan cara membuat enzim yang bisa menghancurkan tulang di sekitar gigi. Jika semakin banyak tulang yang hancur, maka pada akhirnya membuat gigi goyang. Itulah sebabnya mengapa karang gigi jangan dianggap remeh dan perlu segera dibersihkan.

Kita tidak bisa membersihkan karang gigi hanya dengan menyikat gigi, apalagi kalau dicungkil sendiri memakai alat yang tidak terjaga kebersihannya yang alih-alih membersihkan karang gigi malah justru menambah masalah dengan munculnya radang gusi.

Membersihkan karang gigi dengan alat ultrasonic
Pembersihan karang gigi atau scaling yang benar hanya dapat dilakukan oleh dokter gigi. Prosedur scaling dapat memakai instrumentasi manual atau dengan alat ultrasonik (ultrasonic scaler). Cara kerja alat ini yaitu dengan getaran ultrasonik di bagian ujungnya yang berbentuk agak runcing supaya bisa memecah karang gigi sampai ke area yang sulit dijangkau, seperti karang gigi yang muncul di bawah gusi. Bagian ujung ini juga menyemprotkan air agar mengurangi efek panas karena gesekan alat dengan gigi dan agar proses pembersihan berjalan efektif.

Banyak pasien yang meragukan apakah alat ini bisa merusak email atau tidak. Keraguan ini timbul karena bentuknya yang runcing dan bergetar.

Kerusakan pada permukaan gigi terjadi jika alat ini dipakai dengan tekanan berlebihan, tetapi jika pemakaiannya benar maka ultrasonic scaler cukup aman untuk permukaan gigi dan akar. Bagi pasien dengan masalah email yang pembentukannya tidak sempurna perlu perhatian khusus dari dokter agar tidak terjadi kerusakan email dan dentin akibat penggunaan alat tersebut. (Baca juga: Biaya membersihkan karang gigi di Puskesmas dan Rumah Sakit)

Demikian jawaban untuk masalah apakah membersihkan karang gigi merusak email atau tidak, semoga dapat dipahami oleh pembaca. Baca juga berbagai info kesehatan gigi dan gusi.

Artikel Sakit Gigi Gusi Lainnya :

Copyright © 2015-2018 Sakit Gigi Gusi