Bolehkah Anak Kecil Memutihkan Gigi?

Anak-anak umumnya suka makanan yang manis dan mengandung pewarna sehingga giginya tidak putih akibat makanan yang dikonsumsinya. Bagai orang tua yang kurang perhatian, gigi si kecil selain tidak putih juga berlubang (roges) dan berwarna kehitaman. Kini yang menjadi pertanyaan, bolehkah anak kecil memutihkan gigi? Amankah bagi kesehatan giginya?

Sebenarnya memutihkan gigi untuk anak-anak tidak perlu. Sebab gigi pada anak kecil masih gigi susu yang masih dapat tumbuh jika giginya rusak. Gigi susu dimiliki oleh anak-anak dan menjelang remaja biasanya giginya tanggal dan berganti menjadi gigi permanen yang putih. Saat itulah anda sebagai orang tua perlu memperhatikan kesehatan gigi dan mulutnya.



Beberapa makanan yang perlu dihindari saat gigi permanen anak sudah tumbuh yaitu:
  1. Makanan terlalu manis, seperti coklat, gula-gula.
  2. Makanan terlalu dingin, seperti ice cream.
  3. Makanan yang terlalu panas.
  4. Makanan yang terlalu keras.
Gigi anak kecil tidak boleh dilakukan pemutihan sebab pemutih gigi mengandung hydrogen peroksida yang bukan diperuntukkan untuk untuk anak kecil. Sebaiknya jika anda ingin memutihkan gigi si kecil pakailah bahan alami seperti buah apel.

Dengan demikian, jawaban untuk pertanyaan bolehkah anak kecil memutihkan gigi adalah tidak boleh. Sebab gigi si kecil masih gigi susu yang belum permanen dan kandungan pemutih tidak baik bagi si kecil. Adapun bagi anda yang ingin gigi si kecil lebih bersih, cukup dirawat dengan gosok gigi dan rutin makan buah apel.

Artikel Sakit Gigi Gusi Lainnya :

Copyright © 2015-2018 Sakit Gigi Gusi