Cara Mudah Mengatasi Karang Gigi Dengan Menyikat ke Sela Gigi

Menyikat gigi bukan asal gosok gigi. Jika anda menyikat gigi dengan tepat hingga ke sela-sela gigi, maka anda telah mempraktekkan cara mudah mengatasi karang gigi dengan menyikat ke sela gigi. Baca penjelasannya di bawah ini.

Peradangan gusi (gingivitis) dan penyakit jaringan pendukung gusi (periodontitis) sangat berhubungat dengan bakteri yang ada pada plak gigi.

Cara Mudah Mengatasi Karang Gigi Dengan Menyikat ke Sela Gigi

Oleh sebab itu, untuk mencegah radang gusi, karang gigi, dan kerusakan tulang pendukung gigi maka plak gigi perlu dibersihkan dengan baik. Tetapi kita juga tahu bahwa tidak mudah membersihkan plak yang ada pada sela-sela gigi. Bahkan sebagian ahli menyatakan bahwa menyikat gigi masih kurang maksimal dalam menjaga kesehatan gigi.

Melalui penelitian bertahun-tahun, metode membersihkan gigi dan mulut semakin berkembang pesat. Metode yang sekarang direkomendasikan oleh dokter gigi dalam membersihkan sela-sela gigi yaitu dengan memakai benang gigi (dental floss) dan sikat gigi interdental.

Hasil penelitian dari University of South Carolina Amerika menyatakan bahwa membersihkan pada area sela-sela gigi secara mandiri tanpa bantuan dokter gigi dapat mengurangi plak, gingivitis, dan periodontitis. Semakin anda sering membersihkan sela-sela gigi maka karang gigi yang muncul semakin sedikit. Sela gigi dapat dibersihkan sebanyak 1-2 kali per hari.

Bagi orang yang berusia 35-54 tahun mempunyai resiko tinggi dalam pembentukan karang gigi. Selain itu laki-laki lebih rentan memiliki penyakit periodontitis daripada wanita, apalagi jika seorang perokok aktif.

Sayangnya banyak orang membersihkan plak yang terlihat secara kasat mata dan plak yang ada di sela-sela gigi menjadi luput dari perhatian untuk dibersihkan. Hal ini tidak baik sebab seiring waktu plak di sela-sela gigi akan menumpuk dan mengeras menjadi karang gigi yang menjadi sumber bau mulut dan mengakibatkan kerusakan tulang dan gusi.

Jadi mulai sekarang perhatikan kebersihan sela-sela gigi. Belilah mini brush kit dan dental floss untuk membersihkan gigi anda. Sebab cara mudah mengatasi karang gigi dengan menyikat ke sela gigi dapat dibantu oleh brush kit dan dental floss. Baca juga artikel kesehatan gigi dan mulut berikutnya.

Artikel Sakit Gigi Gusi Lainnya :

Copyright © 2015-2018 Sakit Gigi Gusi