7 Penyebab Gusi Berdarah Yang Perlu Anda Tahu

Kesehatan gusi sama pentingnya dengan kesehatan gigi. Untuk itu ketahui beberapa penyebab gusi berdarah di bawah ini.

Gusi berdarah adalah salah satu ciri-ciri peradangan gusi (gingivitis). Ciri-ciri lainnya yaitu gusi bengkak dan berwarna lebih merah dari area jaringan lunak sekitarnya. Inilah beberapa penyebab peradangan gusi antara lain:

Credit to Google Image
  • Kurangnya menjaga kebersihkan mulut sehingga terjadi akumulasi plak di permukaan gigi yang menjadi media berkembang biaknya bakteri.
  • Gusi menjadi lebih rentan berdarah jika di sekitar leher gigi terdapat karang gigi atau kalkulus.
  • Perubahan hormon yang dapat mengakibatkan gusi menjadi lebih mudah berdarah, biasanya terjadi pada ibu hamil.
  • Konsumsi obat-obatan tertentu dapat mengakibatkan radang gusi, seperti obat anti konvulsan (epilepsi), pain killers, atau sedang menjalani perawatan seperti kemoterapi dan radioterapi.
  • Cedera atau trama, contohnya tertusuk gusi karena pemakaian tusuk gigi maupun sikat gigi yang terlalu berlebihan.
  • Kekurangan nutrisi tertentu seperti vitamin C dan vitamin K. Kekurangan vitamin C dapat menurunkan kesehatan mulut sehingga anda akan rentan terinfeksi, mengalami sariawan, dan gusi berdarah. Adapun vitamin K berfungsi dalam proses pembekuan darah. Oleh sebab itu tak heran jika anda kekurangan vitamin K akan rentan berdarah termasuk pada gusi.
  • Beberapa penyakit sistemik seperti penyakit liver, ginjal, diabetes, leukemia dapat ditandai dengan gusi berdarah.
Untuk mengetahui penyebab peradangan gusi yang pasti anda perlu berkonsultasi ke dokter gigi. Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai penyebab gusi berdarah, baca juga berbagai info kesehatan gigi lainnya.

Artikel Sakit Gigi Gusi Lainnya :

Copyright © 2015-2018 Sakit Gigi Gusi