Cara Agar Gigi Tidak Bau Jigong Yang Ampuh Untuk Dipraktekkan

Apa itu jigong? Jigong dalam istilah medis yaitu plak gigi. Jigong adalah salah satu kondisi yang bikin tampilan gigi tampak menguning. Selain tidak enak melihat gigi kuning, jigong juga menyebabkan bau mulut yang tidak sedap.

Jigong terjadi karena bakteri yang menempel di gigi. Pada umumnya Lapisan plak berwarna kuning atau putih yang menempel diantara gigi dan gusi.



Sebaiknya anda tidak menganggap remeh jika anda punya jigong sebab menyebabkan bau mulut dan beberapa gangguan kesehatan mulut, antara lain:
  • Periodontitis. Jenis infeksi gusi ini dapat menyebabkan kerusakan tulang gigi di rahang. Periodontitis mengakibatkan muncul celah antar gigi dan gusi. Jika anda abaikan dan tidak segera ke dokter gigi maka pada akhirnya gigi bisa tanggal.
  • Gingivitis. Gingivitis adalah radang gusi, dengan ciri-ciri antara lain gusi berdarah, gusi memerah dan bengkak.
  • Kalkulus tartar. Kalkulus tartar adalah lapisan plak yang mengeras dan tidak bisa diatasi hanya dengan menyikat gigi biasa.
  • Gigi berlubang. Bakteri yang ada di balik jigong bisa berkembang ke area akar gigi, dan mengakibatkan kerusakan di akar gigi. Kondisi ini bisa mengakibatkan sakit gigi hingga abses.
Anda pastinya tidak berharap terkena periodontitis, gingivitis, kalkulus tartar, dan gigi berlubang hanya karena jigong. Untuk itulah beberapa tindakan di bawah ini dapat mengatasi masalah jigong di mulut anda:

1. Menyikat gigi

Menggosok gigi adalah metode terbaik untuk mengatasi jigong di mulut anda. Supaya jigong hilang, sebaiknya anda menyikat gigi minimal 2x sehari dengan durasi 2-3 menit dan gerakan berulang pada setiap permukaan gigi. Gunakan pasta gigi mengandung fluoride. Adapun untuk sikat giginya memakai ujung kepala kecil dan berbulu lembut. Pastikan juga sela-sela gigi tersikat dengan baik.

2. Memakai obat kumur

Setelah melakukan rutinitas menyikat lalu pakailah obat atau larutan kumur sehingga rongga mulut Anda menjadi bersih dan bebas jigong.

3. Berkunjung ke dokter gigi

Jika jigongnya sudah keras dan malah membentuk karang gigi maka jangan sungkan untuk segera pergi ke dokter gigi. Hal ini disebabkan jigong yang membentuk karang cuma dapat diatasi dengan bantuan ultrasonic scaler. Rutinlah berkunjung ke dokter gigi setiap enam bulan sekali agar kesehatan gigi dan mulut terjaga setap saat.

Jangan sampai teman anda mengeluhkan jigong sehingga kepercayaan dirimu menurun. Terapkan cara agar gigi tdak bau jigong ini agar kesehatan gigi anda dalam kondisi yang baik.

Artikel Sakit Gigi Gusi Lainnya :

Copyright © 2015-2018 Sakit Gigi Gusi