Gigi Menjadi Tonggos Maju Ke Depan Setelah Pakai Behel

Behel digunakan untuk merapihkan gigi, tapi ada sebagian kecil kasus dimana gigi menjadi tonggos maju ke depan Setelah Pakai Behel. Mengapa hal itu terjadi, apakah perlu cabut gigi? Baca jawabannya di bawah ini.


Perawatan orthodontik atau behel tidak bisa sembarangan dilakukan oleh semua orang sebab ada prosedur operasionalnya. Beberapa cara untuk memperoleh ruang yang diperlukan untuk menggeser posisi gigi yang perlu dibenahi yaitu dengan mencabut gigi atau mengasah gigi (slicing). Jadi tidak semua kasus perlu dicabut giginya. Jadi tidak semua kasus harus ditindak dengan pencabutan gigi sebab tergantung seberapa luas kebutuhan ruang dan tentu saja setelah dokter memeriksa gigi pasiennya.

Seluruh gigi geligi pasien di cek kemudian seandainya pasien perlu dirawat (penambalan atau pembersihan karang gigi) maka harus dirawat terlebih dahulu sebelum dipasang behel. Setelah itu gigi pasien perlu dicetak supaya ada model atau duplikat gigi. Duplikat gigi ini diperlukan oleh dokter untuk menganalisis kebutuhan ruang dan rencana perawatan selanjutnya. Selain itu pasien juga di foto rotgen panoramik dan cephalometri untuk membantu analisis kebutuhan ruang dan penilaian posisi gigi terhadap tulang rahang untuk keperluan rencana perawatan selanjutnya.

Tujuan utama perawatan orthodontik dengan kawat bracket tidak hanya untuk perbaikan estetika gigi, tetapi juga untuk memperbaiki oklusi gigi atas maupun bawah, memperbaiki posisi gigi yang tidak normal sehingga diperoleh hubungan gigi geligi yang tepat di dalam lengkung rahang yang normal. Pada akhirnya tujuan akhir perawatan orthodontik adalah agar struktur gigi dan profil wajah pasien menjadi normal.

Dalam kasus gigi tonggos pasca dibehel, kami sarankan agar dokter gigi mengukur kembali kebutuhan ruang untuk memundurkan profil wajah. Kemudian dokter gigi akan memutuskan apakah perlu tindakan pencabutan atau cukup pengasahan gigi (slicing) saja.

Demikian penjelasan mengenai masalah gigi menjadi tonggos maju ke depan setelah pakai behel. Semoga penjelasan mengenai gigi tonggos setelah behel dicopot dapat bermanfaat bagi pembaca, wasalam.

Artikel Sakit Gigi Gusi Lainnya :

Copyright © 2015-2018 Sakit Gigi Gusi