5 Penyebab Kegagalan Obat Bius Lokal Pada Pasien Dokter Gigi

Artikel kesehatan gigi dan mulut kali ini akan membahas secara khusus mengenai beberapa penyebab kegagalan obat bius lokal pada pasien dokter gigi. Masalah ini perlu dibahas karena tidak semua bius lokal dapat bekerja efektif jika pasien mengalami beberapa kondisi tertentu.

Beberapa dari pasien dokter gigi mengalami kegagalan bius lokal saat tindakan pencabutan atau perawatan gigi. Ada beberapa penyebab kegagalan bius lokal sehingga anda perlu tahu faktor penyebab kegagalan anestesi lokal untuk pasien dokter gigi.

Ilustrasi dokter menyuntik gigi pasien dengan obat bius lokal (Credit to Shutterstock)

1. Variasi Anatomi

Anestesi lokal hampir selalu efektif jika disuntikkan ke area anatomi yang tepat dan alokasi waktu yang cukup agar bius dapat bekerja dengan maksimal.

Bius menghambat respon saraf ke area tertentu sehingga pasien terhindar dari rasa sakit. Tetapi pada beberapa kasus ada sebagian orang yang mempunyai kondisi saraf yang tidak lazim. Pada kondisi tidak lazim maka metode bius lokal tidak akan efektif sebab perlu anestesi lebih untuk mengatasi masalah ini yang mana dokter pelu menyuntuikkan ke area berbeda untuk blok yang lebih efektif terhadap respon saraf gigi.

2. Kesalahan dalam memberikan bius lokal.

Kesalahan ini terbilang jarang sebab tergolong human error. Seandainya hal ini terjadi maka solusinya dengan menyuntikkan ke area berbeda yang tepat.

Biasanya dokter akan menanyakan apakah pasien mengalami sakit atau tidak. Nah sebagai pasien jawablah dengan jujur apa adanya agar tindakan pencabutan atau perawatan gigi dapat dilakukan dengan optimal.

3. Infeksi atau abses

Infeksi bisa mencegah anestesi lokal bekerja secara optimal sehingga dianjurkan agar pengobatan lebih fokus untuk mengatasi infeksi tersebut.

Mungkin anda sering diingatkan orang tua agar tidak boleh mencabut gigi ketika sakit gigi. Apakah anda tahu sebabnya? Penyebabnya obat anestesi tidak akan bekerja efektif ketika anda mengalami masalah gusi atau jaringan lunak. (Baca juga Mengatasi sakit gigi dengan obat gigi di apotek).

4. Bius lokal tak tahan lama atau cepat habis

Ketika pasien cemas maupun stres maka dampaknya anestesi lokal dapat tidak bekerja optimal kecuali jika ia rileks. Hal ini karena hormon yang terkait dengan stres seperti epinephrine atau adrenalin bisa ngeblok bius lokal sehingga tidak bekerja maksimal. Akibatnya, efek obat bius lokal mungkin tertunda atau lekas hilang.

Oleh sebab itu sebaiknya sebelum anda pergi ke klinik dokter gigi, kondisikan agar psikis anda tidak sedang mengalami tekanan atau stres apalagi jika anda takut dokter gigi. Bukankah dokter gigi ada di dunia untuk menyembuhkan gangguan kesehatan gigi anda? (Baca juga: Cara menghilangkan rasa takut pergi ke dokter gigi

5. Resistensi Pada Obat Tertentu

Beberapa kasus pasien gagal dibius lokal karena mereka resisten pada pengaruh obat tertentu seperti lidokaine.

Demikian informasi terkait 5 penyebab kegagalan obat bius lokal pada pasien dokter gigi. Semoga bermanfaat bagi pembaca. Lanjutkan dengan membaca artikel kesehatan gigi dan mulut.

Artikel Sakit Gigi Gusi Lainnya :

Copyright © 2015-2018 Sakit Gigi Gusi