Akibat Jika Sikat Gigi Hanya Sekali Sehari

Rasa malas menggosok gigi harus kita lawan jika anda mengingat akibat jika sikat gigi hanya sekali sehari yaitu dapat mengundang beberapa penyakit.

Kebiasaan menyikat gigi cuma sekali sehari banyak ditemui baik pada anak-anak. Selain itu, para ibu cenderung lebih sering menyikat gigi dibanding anggota keluarga yang lain. Sedangkan para ayah cenderung lebih lama durasi menyikat giginya.

Credit to Fotolia
Yang menjadi pertanyaan lantas apa dampak jika kita tidak menyikat gigi di malam hari? Sisa makanan dan minuman yang dikonsumsi sejak pagi hingga malam akan tersangkut di sela-sela gigi. Kemudian sisa-sisa makanan tersebut akan menumpuk.

Kebiasaan buruk ini jangan pernah dibiarkan, kecuali jika anda ingin menderita penyakit gusi. Tanda-tanda penyakit gusi yang sering terlihat adalah gusi berdarah ketika menyikat gigi.

Penyakit gusi yang tak terawat akan semakin parah, sehingga dapat menyebabkan penyakit periodontal atau jaringan penyangga gigi. Jika gigi anda menderita penyakit periodontal maka gigi dapat mudah goyang.

Gigi yang mudah goyang akan sangat mudah goyang seiring berjalannya waktu, hingga akhirnya keputusan dokter gigi akan merekomendasikan agar gigi tersebut dicabut dan diganti gigi palsu. Jika sudah begini, tentu saja anda perlu merogoh isi dompet untuk membayar biaya pengobatan gigi goyang hingga pemasangan gigi palsu tersebut.

Namun bukan cuma risiko gigi goyang saja. Tetapi Anda juga akan dapat mengalami masalah gigi berlubang. Memang betul bahwa solusi mengatasi gigi berlubang yaitu dengan menambal gigi. Namun, tambalan gigi tidak akan bertahan lama sebab ada potensi plak yang menempel di gigi.

Jika kondisinya sudah seperti ini, dokter akan merekomendasikan agar anda menjalani penambalan ulang. Namun sayangnya hal ini mengharuskan pengambilan jaringan yang lebih banyak lagi, sehingga lama-kelamaan akan semakin menipis sehingga gigi lebih mudah patah saat anda menggigit atau menguyah makanan yang keras.

Sebenarnya kuman memerlukan waktu 2x24 jam untuk dapat merusak gigi. Inilah yang akhirnya memunculkan pemikiran salah bahwa menyikat gigi sekali sehari tidak akan menjadi masalah selama tidak melebihi 48 jam.

Tetapi apakah cara menyikat gigi Anda sudah benar? Oleh sebab itulah American Dental Association merekomendasikan agar kita menyikat gigi dua kali sehari yaitu di pagi dan malam hari sebelum tidur.

Nah mulai sekarang hindari kebiasaan buruk menyikat gigi hanya sekali sehari. Lakukan rutinitas sikat gigi dua kali sehari setelah anda mengetahui akibat jika sikat gigi hanya sekali sehari.

Artikel Sakit Gigi Gusi Lainnya :

Copyright © 2015-2018 Sakit Gigi Gusi