5 Penyebab Mulut Terasa Asam

Jika anda merasa mulut anda kini terasa asam, mungkin inilah penyebab mulut terasa asam sekali.

Saat mulut anda terasa asam itu pastinya rasanya tidak menyenangkan. Sebenarnya kondisi asam di mulut merupakan suatu indikator kesehatan Anda. Nah berikut kami rangkum 5 penyebab mulut terasa asam yang tentunya perlu anda ketahui.

Credit to Fotolia

1. kesehatan mulut

Mulut asam atau rasanya seperti logam dapat terjadi jika seseorang mengalami radang gusi, radang tulang pendukung gigi atau periodontitis, maupun infeksi gigi. Beberapa masalah mulut tersebut dapat membuat gusi berdarah setelah menyikat gigi, sehingga rasanya seperti ada cirasa logam di mulut.

Yang perlu anda ketahui, rasa logam di mulut mungkin tidak akan segera sembuh jika masalah gigi dan gusi tak terobati.

2. Infeksi sinus, Flu, Pilek, dan alergi

Adanya gangguan pada sinus di hidung juga bisa mengakibatkan hidung tersumbat sehingga menyebabkan mulut terasa asam. Hal ini disebabkan indra perasa dan indra penciuman saling berhubungan. Selain gangguan pada sinus, flu dan pilek serta alergi juga bisa mengakibatkan mulut terasa asam.

3. Kehamilan

Mulut terasa asam dapat juga dirasakan oleh ibu hamil. penyebabnya mungkin karena ada perubahan hormon pada ibu hamil. Tenang saja anda tak perlu khawatir sebab Kondisi ini sebenarnya normal dialami ibu hamil saat trimester pertama dan seiring berjalannya usia kehamilan akan hilang dengan sendirinya. Perubahan rasa di lidah juga bisa menyebabkan berkurangnya nafsu makan.

4. Gastroesophageal Reflux Disease (GERD)

GERD adalah penyakit saluran pencernaan atas yang disebabkan asam lambung tinggi. Hal ini terjadi karena cincin otot yang terletak diantara lambung dan kerongkongan mengalami disfungsi sehingga isi lambung si penderita kembali atas dan masuk menuju kerongkongan.

Perbedaan gejala GERD dan sakit lambung biasa yaitu rasa sensasi terbakar di area belakang tulang dada dan cairan lambung naik hingga ke mulut sehingga penderitanya merasakan asam di area belakang mulut.

Jika kamu mengalami penyakit ini, anda tidak bebas tidur terutama pada posisi horizontal sebabcairan lambung akan mengalir ke kerongkongan. Upayakan skepala Anda ditopang dengan bantal untuk mengurangi efek Gastroesophageal Reflux Disease.

5. Refluks Empedu

Refluks empedu disebabkan cairan pencernaan yang dihasilkan oleh hati atau empedu kembali ke lambung dan kerongkongan. kadang-kadang penyakit ini juga dapat disertai dengan refluks asam lambung atau naiknya asam lambung ke kerongkongan.

Dokter akan mendiagnosis kemungkinan anda mengalami refluks empedu jika kondisi anda tidak juga membaik setelah mendapatkan obat resep penekan asam lambung.

Demikian beberapa penyebab mulut terasa asam. Jika rasa asam di mulut anda terasa mengganggu, sebaiknya konsultasikan pada dokter untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan medis yang tepat.

Artikel Sakit Gigi Gusi Lainnya :

Copyright © 2015-2018 Sakit Gigi Gusi