Benarkah Veneer Gigi Bikin Gigi Ngilu?

Meskipun biaya veneer gigi cukup mahal, tetapi veneer gigi diminati khususnya bagi wanita. Tentu saja karena perawatan veneer gigi dapat memperbaiki bentuk, posisi dan warna gigi sehingga hasinya gigi rapih dan putih. Tetapi yang menjadi isu konon veneer gigi membuat gigi terasa ngilu. Benarkah Veneer Gigi Bikin Gigi Ngilu?

Sebelum membahas pertanyaan tersebut, sebaiknya pembaca mengetahui tentang jenis-jenis veneer gigi yang dikategorikan menjadi dua jenis, yaitu direct veneer dan indirect veneer.

Direct veneer atau veneer langsung adalah veneer gigi yang dikerjakan oleh dokter gigi secara langsung di klinik. Sedangkan indirect veneer atau veneer tidak langsung adalah veneer gigi yang perlu proses pembuatan di laboratorium lalu dipasangkan ke gigi pasien oleh dokter gigi.

Veneer Gigi (credit to shutterstock)
Saat ini, bahan yang umum dipakai untuk veneer gigi adalah resin komposit atau porselen yang biasanya dimpakai untuk bahan tambal sewarna gigi.

Agar veneer gigi dapat dipasang dengan baik maka terlebih dahulu seluruh permukaan gigi pada bagian depan dikikis dengan ketebalan maksimal kurang dari 1 mm. Tetapi dalam penerapan ada beberapa kasus pengikisan gigi yang dilakukan secara berlebihan hingga menjangkau lapisan dentin. Padahal dentin di dalamnya memiliki ujung serabut saraf gigi yang mana seandainya lapisan dentin ini terbuka akibatnya gigi menjadi lebih mudah terkena rangsangan dan menyebabkan gigi terasa ngilu setelah memasang veneer gigi.

Selain itu, pada umumnya bahan perekat veneer gigi bersifat asam, sehingga jika bahan perekat ini dipakai di lapisan dentin maka akan meningkatkan risiko pasien menderita gigi ngilu.

Pasien sebaiknya jangan terburu-buru melakukan perawatan veneer gigi sebab metode veneer gigi dihasilkan dengan cara membuang jaringan gigi, baik jaringan gigi yang tidak sehat maupun yang sehat. Dengan demikian anda sebaiknya mempertimbangkan hal ini dengan sebaik mungkin.

Veneer gigi seharusnya hanya diterapkan untuk kasus kondisi tertentu, contohnya pada gigi yang telah mengalami perubahan warna yang disebbakan oleh tetrasiklin atau gigi dengan kelainan email (Amelogenesis imperfecta).

Bagaimanapun juga sebaiknya anda berfokus pada kesehatan gigi dan mulut alih-alih sekedar mengutamakan penampilan gigi. Memang benar bahwa senyum indah dengan gigi putih yang tertata rapih memukau banyak orang tetapi mengutamakan kesehatan gigi merupakan hal yang paling penting.

Demikian jawaban atas pertanyaan benarkah veneer gigi bikin gigi ngilu. Semoga penjelasan tersebut bermanfaat bagi anda yang berminat untuk melakukan veneer gigi.

Artikel Sakit Gigi Gusi Lainnya :

Copyright © 2015-2018 Sakit Gigi Gusi