Sakit Kepala Yang Disebabkan Oleh Sakit Gigi

Pernahkah anda merasakan sensasi sakit kepala dan sakit gigi secara bersamaan? Sakit kepala yang disebabkan oleh sakit gigi bermula dari gangguan kesehatan gigi yang menyebabkan komplikasi sakit kepala.

Sakit kepala yang disebabkan sakit gigi terjadi karena secara anatomi seluruh bagian kepala memiliki penghubung serabut-serabut saraf. Jadi tak heran ketika anda merasakan sakit gigi dampak lanjutannya bisa merembet hingga ke sakit kepala.

Ilustrasi sakit kepala karena sakit gigi (credit to shutterstock)

Beberapa gangguan gigi yang dapat menjadi penyebab sakit kepala antara lain:

a. Masalah Gigi Berlubang

Lubang gigi dapat terjadi di permukaan dan bagian akar. Kondisi ini terjadi karena kurang kesadaran untuk menjaga kebersihan gigi dan terlalu banyuak konsumsi makanan atau minuman manis, seperti coklat, permen, dan sirup manis.

Gigi berlubang harus segera ditambal sebab jika tidak segera ditambal maka dapat menyebabkan sakit kepala. Hal ini terjadi karena lubang semakin membesar hingga akhirnya menuju bagian saraf gigi. Akibatnya, saraf gigi akan lebih mudah rentan saat anda mengkonsumsi makanan atau minuman panas, dingin dan manis yang akhirnya kepala anda nyut-nyutan pusing karena sakit kepala.

Untuk mengatasi sakit kepala yang diakibatkan oleh gigi berlubang, Anda dapat minum obat pereda nyeri. Selanjutnya, Anda datang ke dokter gigi untuk mengobati gigi berlubang anda.

b. Masalah Abses Gigi

saraf lingual ada di dalam mulut. Jika saraf tersebut terganggu atau terinfeksi karena abses gigi maka saraf lingual akan mengirim sinyal nyeri ke kepala sehingga anda bisa menderita rasa sakit kepala yang rasanya seperti kepala di tusuk dan nyut-nyutan dari rahang, pelipis hingga ubun-ubun.

Untuk mengatasi sakit kepala akibat abses gigi, jangan tunda waktu lagi, kunjungi dokter gigi agar abses gigi anda segera sembuh.

c. Gangguan sendi rahang (Temporomandibular disorder)

Lokasi sendi rahang terletak pada rahang bawah yang menyatu dengan kepala. Sendi rahang memiliki otot-otot yang fungsinya yaitu mengatur pergerakan sendi rahang.

Ketika otot-otot tersebut terganggu maka rasa timbul rasa nyeri yang parah. Rasa nyerinya terasa di rongga mulut, rahang, bahkan hingga ke salah satu sisi kepala (migrain). Penyebab gangguan sendi rahang antara lain:
  • Kebiasaan menggertakan gigi.
  • sering mengunyah makanan keras.
  • Sering mengunyah permen karet.
  • Kadar hormon estrogen tinggi, baik secara alamiah maupun efek konsumsi pil KB.
Untuk mengatasi sakit kepala akibat gangguan sendi rahang (Temporomandibular disorder) yaitu dengan minum obat pereda nyeri dan kompres hangat di rahang yang nyeri.

Demikian beberapa penyebab sakit kepala yang disebabkan oleh sakit gigi. Kini anda sudah mengerti bahwa kesehatan gigi amat penting. Sakit gigi yang dibiarkan bukan hanya membuat gigi anda terasa sakit tapi juga menjalar hingga sakit kepala. Jika Anda ingin mengatasi masalah ini, kunjungi dokter gigi. Hal Ini karena sakit kepala yang diakibatkan sakit gigi hanya dapat diselesaikan jika sakit giginya sudah terobati.

Artikel Sakit Gigi Gusi Lainnya :

Copyright © 2015-2018 Sakit Gigi Gusi